SILABUS MATA KULIAH HADITS
FITK
PBI IAIN SURAKARTA
Nama
Dosen :
Dr. Muthoifin, M. Ag.
No
Hp : 085850908667/
081226371967
Blog :
Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
|
Jenis
|
Keterangan
|
Catatan
|
1
|
Deskripsi:
|
Mata kuliah ini
dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif
tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran
pendidikan dalam perspektif al-Hadits.
|
|
2
|
Tujuan:
|
Mahasiswa
diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari (aplikatif-implikatif).
|
Teoritis-Aplikatif.
|
3
|
Materi Ajar:
|
1.
Keimanan: hubungan iman, islam, dan ihsan. Kurangnya
iman karena maksiyat. Malu sebagian dari iman. Cinta sesame muslim,
menghargai tamu, tetangga, dan berkata baik atau diam bagian dari iman.
2.
Ikhlas beramal:
niat/motivasi beramal. Menjauhi riya’/syirik kecil. Kisah-kisah tentang
ikhlas dan tidak ikhlas. Penggugur amal.
3.
Tingkah laku terpuji: pentingnya kejujuran. Kejujuran
membawa kebajikan. Orang jujur dapat pertolongan Allah. Contoh/kasuistik.
4.
Dosa-dosa besar:
menyekutukan Allah. Tujuh dosa besar. Kisah/contohnya.
5.
Etos kerja: pekerjaan
yang baik. Larangan meminta-minta. Mukmin yang kuat dapat pujian. Larangan korupsi,
kolusi, menyuap dan menerima hadiah.
6.
Tanggung jawab pemimpin: setiap muslim pemimpin.
Pemimpin pelayan masyarakat. Batas ketaatan kepada pemimpin.
7.
Tingkah laku tercela:
buruk sangka. Ghibah dan buhtan. Boros (konsumtif). Larangan menimbun barang dan
monopoli tengkulak.
8.
Persaudaraaan:
persaudaraan muslim. Memelihara silaturahim. Larangan memutuskan silaturahim.
Kasuistik/contoh untuk teladan.
9.
Tata pergaulan: larangan
berduaan tanpa muhrim. Sopan santun dan duduk di jalan. Menyebarkan salam. Mengajak
kebaikan (amar makruf nahi munkar)
10. Kepedulian social: memperhatikan kesulitan orang lain. Meringankan
penderitaan dan beban orang lain. Allah akan menolong pada orang yang
menolong agama Allah dan sesama. Kasuistik/ contoh.
11. Peduli lingkungan: larangan merusak alam. Larangan menelantarkan
lahan. Larangan kencing di air yang mengalir. Kasuistik/contohnya.
12. Penelitian rasulullah terhadap syair: syair yang
diperbolehkan. Syair yang dilarang. Kasuistik/contohnya.
|
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan
epilog (konklusi). Selanjutnya
mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan
analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
|
4
|
Buku acuan dan Referensi
|
1.
Semua buku/ kitab hadits.
2.
Hadits riyadus shalihin.
3.
Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
4.
Kitab al-Umm karya imam
syafi’i
5.
Kitab al-Jami’ al-Shaghir
karya imam jalaluddin as-Suyuti
6.
Kitab Bulugh al-Maram
karya Imam Ibn Hajar
7.
Dedeng Rosidi, Akar-akar
Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
8.
Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan
Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia,
RosdaKarya, Bandung.
9.
Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
10. Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
11. Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan
Beradab, Bogor, 2011.
|
Referensi buku
min 60%.
Selebihnya
boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.
|
5
|
Teknik
Perkuliahan
|
1.
Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi dan Konklusi).
2.
Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas
Kelompok).
|
Makalah sesuai
standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
|
6
|
Sistem
Penilaian
|
1.
Kehadiran, 25%
2.
Presentasi, 30%
3.
Diskusi (Aktif Learning), 25%
4.
Ujian, 20%
|
Kehadiran dan
keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.
|
Dosen Pembimbing
Dr. Muthoifin, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar