SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.G)
FITK
PBI IAIN SURAKARTA
Nama
Dosen :
Dr. Muthoifin, M. Ag.
No
Hp : 085850908667/
081226371967
Email : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog :
Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
|
Jenis
|
Keterangan
|
Catatan
|
1
|
Deskripsi:
|
Mata kuliah ini
dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif
tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran
pendidikan dalam perspektif al-Hadits.
|
|
2
|
Tujuan:
|
Mahasiswa
diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari (aplikatif-implikatif).
|
Teoritis-Aplikatif.
|
3
|
Materi Ajar:
|
1.
Hadits: Definisi,
sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits. (arif,r.h, aisyah nf, turfina)
2.
Ilmu: Konsep, hakikat,
macam, dan tujuan ilmu perspektif hadits (aisyah b, syukron, sumayah)
3.
Pendidikan di sekolah,
keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan hadits (mentari, ahmad syar,
agustin)
4.
Pendidikan akhlak, budi
pekerti, karakter, dan nilai perspektif hadits. (afrizal, vivit, arina azka)
5.
Guru dan murid dalam
timbangan hadits (wendy, ummi, arina ayu)
6.
Filsafat, Tarekat, dan
tasawuf dalam perspektif hadits (tya, anggarani, astriana)
7.
Ekonomi dalam perpektif hadit (alfian, anita
vivi, hindun )
8.
Politik dalam perspektif hadits (tri w, tinna, putri)
9.
Seni dan budaya dalam timbangan hadits (eka sm, diyah, dhita)
10. Permasalahan umat Islam
dan sosulinya dalam tinjauan hadits (desy, atika cp, arroyan)
11. Toleransi dan kerukunan
antar umat beragama dalam perspektif hadits. (aprilia as, annisa mp, annas)
12. Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits. (Abdul
rahman, aini nf, ahmad sk)
13. Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (agus h, agustina,
ana nur is)
14. Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
|
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan
epilog (konklusi). Selanjutnya
mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan
analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
|
4
|
Buku acuan dan Referensi
|
1.
Semua buku/ kitab hadits.
2.
Hadits al-Muwattha’ karya
imam malik.
3.
Kitab al-Umm karya imam
syafi’i
4.
Kitab al-Jami’ al-Shaghir
karya imam jalaluddin as-Suyuti
5.
Kitab Bulugh al-Maram
karya Imam Ibn Hajar
6.
Dedeng Rosidi, Akar-akar
Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
7.
Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan
Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia,
RosdaKarya, Bandung.
8.
Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
9.
Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
10. Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan
Beradab, Bogor, 2011.
|
Referensi buku
min 60%.
Selebihnya
boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.
|
5
|
Teknik
Perkuliahan
|
1.
Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi dan Konklusi).
2.
Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas
Kelompok).
|
Makalah sesuai
standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
|
6
|
Sistem
Penilaian
|
1.
Kehadiran, 25%
2.
Presentasi, 30%
3.
Diskusi (Aktif Learning), 25%
4.
Ujian, 20%
|
Kehadiran dan
keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.
|
Dosen Pembimbing
Dr. Muthoifin, M.Ag.
SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.H)
FITK
PBI IAIN SURAKARTA
Nama
Dosen :
Dr. Muthoifin, M. Ag.
No
Hp : 085850908667/
081226371967
Email : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
|
Jenis
|
Keterangan
|
Catatan
|
1
|
Deskripsi:
|
Mata kuliah ini
dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif
tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran
pendidikan dalam perspektif al-Hadits.
|
|
2
|
Tujuan:
|
Mahasiswa
diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari (aplikatif-implikatif).
|
Teoritis-Aplikatif.
|
3
|
Materi Ajar:
|
15. Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits.
(Mufid, fajar, siti nureni)
16. Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif
hadits (gading, risky ap, samson)
17. Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam
pendekatan hadits ( erna y, retno, siti naimah)
18. Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai
perspektif hadits. (sugeng, fakri, martian)
19. Guru dan murid dalam timbangan hadits (lilies, pramusa,
rahmawati)
20. Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (rizqo,
rina, renita)
21. Ekonomi
dalam perpektif hadit (Melinda, luthfiana)
22. Politik dalam perspektif hadits
(deny, eni, fahruddin s)
23. Seni dan budaya dalam timbangan hadits
(rahma l, rahma a.s, putri)
24. Permasalahan umat Islam
dan sosulinya dalam tinjauan hadits (maya, Madonna, yudik pra)
25. Toleransi dan kerukunan
antar umat beragama dalam perspektif hadits. (eva, risky d,c)
26. Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits. (linda,
prita,)
27. Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits
28. Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
|
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan
epilog (konklusi). Selanjutnya
mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan
analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
|
4
|
Buku acuan dan Referensi
|
11. Semua buku/ kitab hadits.
12. Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
13. Kitab al-Umm karya imam syafi’i
14. Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
15. Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
16. Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan
al-Hadits
17. Prof. Dr. Ahmad
Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu
Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
18. Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
19. Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
20. Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan
Beradab, Bogor, 2011.
|
Referensi buku
min 60%.
Selebihnya
boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.
|
5
|
Teknik
Perkuliahan
|
3.
Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi dan Konklusi).
4.
Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas
Kelompok).
|
Makalah sesuai
standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
|
6
|
Sistem
Penilaian
|
5.
Kehadiran, 25%
6.
Presentasi, 30%
7.
Diskusi (Aktif Learning), 25%
8.
Ujian, 20%
|
Kehadiran dan
keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.
|
Dosen Pembimbing
Dr. Muthoifin, M.Ag.
SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.I)
FITK
PBI IAIN SURAKARTA
Nama
Dosen :
Dr. Muthoifin, M. Ag.
No
Hp : 085850908667/
081226371967
Email : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
|
Jenis
|
Keterangan
|
Catatan
|
1
|
Deskripsi:
|
Mata kuliah ini
dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif
tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran
pendidikan dalam perspektif al-Hadits.
|
|
2
|
Tujuan:
|
Mahasiswa
diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari (aplikatif-implikatif).
|
Teoritis-Aplikatif.
|
3
|
Materi Ajar:
|
29. Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits.
30. Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif
hadits (putra, wulan, chindy)
31. Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam
pendekatan hadits (hermawan, yeni, charis)
32. Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai
perspektif hadits. ( walidun, fitri wid, ciptanina)
33. Guru dan murid dalam timbangan hadits (disa, debi, dany)
34. Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (fitri han, nur
aisyah, novian)
35. Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (desy,
devi, sri lus)
36. Ekonomi
dalam perpektif hadits (puput, ferdian)
37. Politik dalam perspektif hadits
(febri, dewi)
38. Seni dan budaya dalam timbangan hadits
(nurul, nastiti)
39. Permasalahan umat Islam
dan sosulinya dalam tinjauan hadits (novalia, nur lita)
40. Toleransi dan kerukunan
antar umat beragama dalam perspektif hadits. (wulan,
41. Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
42. Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits.
|
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan
epilog (konklusi). Selanjutnya
mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan
analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
|
4
|
Buku acuan dan Referensi
|
21. Semua buku/ kitab hadits.
22. Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
23. Kitab al-Umm karya imam syafi’i
24. Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
25. Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
26. Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan
al-Hadits
27. Prof. Dr. Ahmad
Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu
Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
28. Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
29. Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
30. Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan
Beradab, Bogor, 2011.
|
Referensi buku
min 60%.
Selebihnya
boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.
|
5
|
Teknik
Perkuliahan
|
5.
Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi dan Konklusi).
6.
Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas
Kelompok).
|
Makalah sesuai
standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
|
6
|
Sistem
Penilaian
|
9.
Kehadiran, 25%
10. Presentasi, 30%
11. Diskusi (Aktif Learning), 25%
12. Ujian, 20%
|
Kehadiran dan
keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.
|
Dosen Pembimbing
Dr. Muthoifin, M.Ag.
SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.J)
FITK
PBI IAIN SURAKARTA
Nama
Dosen :
Dr. Muthoifin, M. Ag.
No
Hp : 085850908667/
081226371967
Email : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog :
Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
|
Jenis
|
Keterangan
|
Catatan
|
1
|
Deskripsi:
|
Mata kuliah ini
dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif
tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran
pendidikan dalam perspektif al-Hadits.
|
|
2
|
Tujuan:
|
Mahasiswa
diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari (aplikatif-implikatif).
|
Teoritis-Aplikatif.
|
3
|
Materi Ajar:
|
43. Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits.
44. Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif
hadits (jabal, anita, umma)
45. Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan
hadits (alim, rofi, alia)
46. Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai
perspektif hadits. (aditya, nana, nanis)
47. Guru dan murid dalam timbangan hadits (anis uk, annisa rah,
zahid )
48. Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (anisa fk, azizah,
nanang)
49. Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (dita,
elma, ikhwan)
50. Ekonomi
dalam perpektif hadits (fista, fitri, hanifah)
51. Politik dalam perspektif hadits
(herlina, hesti, ira)
52. Seni dan budaya dalam timbangan hadits
(Irma, isti, kuni)
53. Permasalahan umat Islam
dan sosulinya dalam tinjauan hadits (saifuddin, mutiara, mutia wulan)
54. Toleransi dan kerukunan
antar umat beragama dalam perspektif hadits. (nanda, nanik, rendi)
55. Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
56. Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits.(yulia,
zum’arini, pranasmara)
|
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan
epilog (konklusi). Selanjutnya
mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan
analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
|
4
|
Buku acuan dan Referensi
|
31. Semua buku/ kitab hadits.
32. Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
33. Kitab al-Umm karya imam syafi’i
34. Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
35. Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
36. Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan
al-Hadits
37. Prof. Dr. Ahmad
Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu
Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
38. Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
39. Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
40. Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan
Beradab, Bogor, 2011.
|
Referensi buku
min 60%.
Selebihnya
boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.
|
5
|
Teknik
Perkuliahan
|
7.
Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi dan Konklusi).
8.
Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas
Kelompok).
|
Makalah sesuai
standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
|
6
|
Sistem
Penilaian
|
13. Kehadiran, 25%
14. Presentasi, 30%
15. Diskusi (Aktif Learning), 25%
16. Ujian, 20%
|
Kehadiran dan
keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.
|
Dosen Pembimbing
Dr. Muthoifin, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar