Selasa, 25 Maret 2014

SILABUS HADITS 2.G - 2. J. FITK PBI IAIN SURAKARTA



SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.G)
FITK PBI IAIN SURAKARTA

Nama Dosen              : Dr. Muthoifin, M. Ag.
No Hp                         : 085850908667/ 081226371967
Email                          : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog                            : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
Jenis
Keterangan
Catatan
1
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran pendidikan dalam perspektif al-Hadits.

2
Tujuan:
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari (aplikatif-implikatif).
Teoritis-Aplikatif.
3
Materi Ajar:
1.     Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits. (arif,r.h, aisyah nf, turfina)
2.     Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif hadits (aisyah b, syukron, sumayah)
3.     Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan hadits (mentari, ahmad syar, agustin)
4.     Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai perspektif hadits. (afrizal, vivit, arina azka)
5.     Guru dan murid dalam timbangan hadits (wendy, ummi, arina ayu)
6.     Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (tya, anggarani, astriana)
7.     Ekonomi dalam perpektif hadit (alfian, anita vivi, hindun )
8.      Politik dalam perspektif hadits (tri w, tinna, putri)
9.      Seni dan budaya dalam timbangan hadits (eka sm, diyah, dhita)
10.   Permasalahan umat Islam dan sosulinya dalam tinjauan hadits (desy, atika cp, arroyan)
11.  Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam perspektif hadits. (aprilia as, annisa mp, annas)
12.  Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits. (Abdul rahman, aini nf,  ahmad sk)
13.  Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (agus h, agustina, ana nur is)
14.  Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.

Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan epilog (konklusi). Selanjutnya mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
4
Buku acuan dan Referensi
1.     Semua buku/ kitab hadits.
2.     Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
3.     Kitab al-Umm karya imam syafi’i
4.     Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
5.     Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
6.     Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
7.     Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
8.     Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
9.     Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam,  Bandung: Pustaka Setia.
10.  Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Bogor, 2011.

Referensi buku min 60%.
Selebihnya boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.

5
Teknik Perkuliahan
1.     Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi  dan Konklusi).
2.     Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas Kelompok).
Makalah sesuai standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
6
Sistem Penilaian
1.     Kehadiran, 25%
2.     Presentasi, 30%
3.     Diskusi (Aktif Learning), 25%
4.     Ujian, 20%
Kehadiran dan keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.

Dosen Pembimbing

Dr. Muthoifin, M.Ag.








SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.H)
FITK PBI IAIN SURAKARTA

Nama Dosen              : Dr. Muthoifin, M. Ag.
No Hp                         : 085850908667/ 081226371967
Email                          : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog                            : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
Jenis
Keterangan
Catatan
1
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran pendidikan dalam perspektif al-Hadits.

2
Tujuan:
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari (aplikatif-implikatif).
Teoritis-Aplikatif.
3
Materi Ajar:
15.  Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits. (Mufid, fajar, siti nureni)
16.  Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif hadits (gading, risky ap, samson)
17.  Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan hadits ( erna y, retno, siti naimah)
18.  Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai perspektif hadits. (sugeng, fakri, martian)
19.  Guru dan murid dalam timbangan hadits (lilies, pramusa, rahmawati)
20.  Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (rizqo, rina, renita)
21.  Ekonomi dalam perpektif hadit (Melinda, luthfiana)
22.   Politik dalam perspektif hadits (deny, eni, fahruddin s)
23.   Seni dan budaya dalam timbangan hadits (rahma l, rahma a.s, putri)
24.   Permasalahan umat Islam dan sosulinya dalam tinjauan hadits (maya, Madonna, yudik pra)
25.  Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam perspektif hadits. (eva, risky d,c)
26.  Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits. (linda, prita,)
27.  Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits
28.  Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.

Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan epilog (konklusi). Selanjutnya mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
4
Buku acuan dan Referensi
11.  Semua buku/ kitab hadits.
12.  Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
13.  Kitab al-Umm karya imam syafi’i
14.  Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
15.  Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
16.  Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
17.  Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
18.  Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
19.  Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam,  Bandung: Pustaka Setia.
20.  Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Bogor, 2011.

Referensi buku min 60%.
Selebihnya boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.

5
Teknik Perkuliahan
3.     Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi  dan Konklusi).
4.     Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas Kelompok).
Makalah sesuai standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
6
Sistem Penilaian
5.     Kehadiran, 25%
6.     Presentasi, 30%
7.     Diskusi (Aktif Learning), 25%
8.     Ujian, 20%
Kehadiran dan keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.

Dosen Pembimbing

Dr. Muthoifin, M.Ag.










SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.I)
FITK PBI IAIN SURAKARTA

Nama Dosen              : Dr. Muthoifin, M. Ag.
No Hp                         : 085850908667/ 081226371967
Email                          : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog                            : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
Jenis
Keterangan
Catatan
1
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran pendidikan dalam perspektif al-Hadits.

2
Tujuan:
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari (aplikatif-implikatif).
Teoritis-Aplikatif.
3
Materi Ajar:
29.  Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits.
30.  Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif hadits (putra, wulan, chindy)
31.  Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan hadits (hermawan, yeni, charis)
32.  Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai perspektif hadits. ( walidun, fitri wid, ciptanina)
33.  Guru dan murid dalam timbangan hadits (disa, debi, dany)
34.  Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (fitri han, nur aisyah, novian)
35.  Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (desy, devi, sri lus)
36.  Ekonomi dalam perpektif hadits (puput, ferdian)
37.   Politik dalam perspektif hadits (febri, dewi)
38.   Seni dan budaya dalam timbangan hadits (nurul, nastiti)
39.   Permasalahan umat Islam dan sosulinya dalam tinjauan hadits (novalia, nur lita)
40.  Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam perspektif hadits. (wulan,
41.  Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
42.  Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits.
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan epilog (konklusi). Selanjutnya mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
4
Buku acuan dan Referensi
21.  Semua buku/ kitab hadits.
22.  Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
23.  Kitab al-Umm karya imam syafi’i
24.  Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
25.  Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
26.  Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
27.  Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
28.  Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
29.  Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam,  Bandung: Pustaka Setia.
30.  Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Bogor, 2011.

Referensi buku min 60%.
Selebihnya boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.

5
Teknik Perkuliahan
5.     Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi  dan Konklusi).
6.     Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas Kelompok).
Makalah sesuai standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
6
Sistem Penilaian
9.     Kehadiran, 25%
10.  Presentasi, 30%
11.  Diskusi (Aktif Learning), 25%
12.  Ujian, 20%
Kehadiran dan keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.

Dosen Pembimbing

Dr. Muthoifin, M.Ag.











SILABUS MATA KULIAH HADITS (2.J)
FITK PBI IAIN SURAKARTA

Nama Dosen              : Dr. Muthoifin, M. Ag.
No Hp                         : 085850908667/ 081226371967
Email                          : thoiftowaf@yahoo.co.id
Blog                            : Muthoifinwalidem.blogspot.com
No
Jenis
Keterangan
Catatan
1
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali peserta didik, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang studi al-Hadits. Khususnya fokus permasalahan pemikiran pendidikan dalam perspektif al-Hadits.

2
Tujuan:
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang studi al-Hadits, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari (aplikatif-implikatif).
Teoritis-Aplikatif.
3
Materi Ajar:
43.  Hadits: Definisi, sejarah, macam, dan tujuan ilmu hadits.
44.  Ilmu: Konsep, hakikat, macam, dan tujuan ilmu perspektif hadits (jabal, anita, umma)
45.  Pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pendekatan hadits (alim, rofi, alia)
46.  Pendidikan akhlak, budi pekerti, karakter, dan nilai perspektif hadits. (aditya, nana, nanis)
47.  Guru dan murid dalam timbangan hadits (anis uk, annisa rah, zahid )
48.  Syariah dan ibadah dalam perspektif hadits (anisa fk, azizah, nanang)
49.  Filsafat, Tarekat, dan tasawuf dalam perspektif hadits (dita, elma, ikhwan)
50.  Ekonomi dalam perpektif hadits (fista, fitri, hanifah)
51.   Politik dalam perspektif hadits (herlina, hesti, ira)
52.   Seni dan budaya dalam timbangan hadits (Irma, isti, kuni)
53.   Permasalahan umat Islam dan sosulinya dalam tinjauan hadits (saifuddin, mutiara, mutia wulan)
54.  Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam perspektif hadits. (nanda, nanik, rendi)
55.  Dakwah dan pendidikan perspektif hadits.
56.  Konsep ‘aql, Qalbu, nafs, dan jasad dalam al-Hadits.(yulia, zum’arini, pranasmara)
Materi 1-14 akan disampaikan dosen sebagai prolog dan epilog (konklusi). Selanjutnya mahasiswa diharapkan agar menyiapkan, memaparkan, dan membahas materi tersebut secara utuh, dengan analisis kritis dan bijaksana.
Materi yang belum jelas, bisa ditanyakan via email atau telp.
4
Buku acuan dan Referensi
31.  Semua buku/ kitab hadits.
32.  Hadits al-Muwattha’ karya imam malik.
33.  Kitab al-Umm karya imam syafi’i
34.  Kitab al-Jami’ al-Shaghir karya imam jalaluddin as-Suyuti
35.  Kitab Bulugh al-Maram karya Imam Ibn Hajar
36.  Dedeng Rosidi, Akar-akar Pendidikan dalam al-Qur’an dan al-Hadits
37.  Prof. Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, RosdaKarya, Bandung.
38.  Prof. Dr. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
39.  Muhammad Athiyyah al Abrasyi, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam,  Bandung: Pustaka Setia.
40.  Adian Husaini, Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Bogor, 2011.

Referensi buku min 60%.
Selebihnya boleh dari Jurnal, Internet dan Media lain yang otoritatif.

5
Teknik Perkuliahan
7.     Tatap Muka: (Pemaparan Dosen, Makalah, Diskusi, Responsi  dan Konklusi).
8.     Non Tatap Muka: (Tugas Individu dan Tugas Kelompok).
Makalah sesuai standar ilmiah: (Pendahuluan, Pembahasan, Penutup).
6
Sistem Penilaian
13.  Kehadiran, 25%
14.  Presentasi, 30%
15.  Diskusi (Aktif Learning), 25%
16.  Ujian, 20%
Kehadiran dan keaktifan dalam kelas sangat mempengaruhi nilai akhir.

Dosen Pembimbing

Dr. Muthoifin, M.Ag.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar